Benarkah Alkohol Dapat Menyebabkan Kanker Payudara Pada Wanita

Benarkah Alkohol Dapat Menyebabkan Kanker Payudara Pada Wanita - Alkohol sudah dikenal sejak lama sangat tidak baik buat kesehatan. Tapi apakah benar bahwa alkohol bisa menyebabkan kanker paydara jika dikonsumsi oleh wanita ??? Zaman dulu resiko pada penderita kanker payudara ini seringkali dikaitkan dengan faktor pada silsilah keturunan ataupun gen, akan tetapi hasil riset terbaru menyatakan bahwa faktor gaya hidup pun juga berpengaruh terhadap penyakit kanker payudara merokok dan juga mengkonsumai alkohol.



Sebuah riset yang pernah dilakukan oleh ahli kesehatan telah menemukan bahwa wanita yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol baik sedikit ataupun juga kecanduan mereka sama-sama mempunyai resiko terkena kanker payudara suatu saat nanti. Resiko paling tinggi terjadi pada seorang wanita yang telah terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol sejak usia masih muda.

Untuk bisa memahami bagaimana dan seperti apa para penggunaan minuman beralkohol yang bisa menyebabkan kanker payudara, para ahli kesehtan telah melakukan penelitian memeriksa kemungkinan ada peranan enzim alkohol dehidrogenase dilambung dalam mencegah munculnya racun yang disebut karsinogenik. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang bagaimana hubungan mengkonsumsi alkohol bisa terkena penyakit kanker payudara.

Alkohol Dehidrogenase

Minuman beralkohol jika masuk kedalam lambung, alkohol tersebut akan diurai oleh 'enzim dehydrogenase'. Akan tetapi enzim tersebut hanya bisa memproses sebanyak 15% saja dari jumlah alkohol tersebut, dan sisanya diproses oleh organ tubuh yang lain yaitu hati. Jika seseorang secara teratur konsumsi alkohol, maka fungsi organ hati pada seseorang akan semakin lemah, sehingga kekebalan tubuh akan menurun yang mana pada akhirnya nanti akan menyebabkan semakin tingginya resiko terkena penyakit kanker payudara pada wanita.

Alcohol dehydrogenase itu adalah enzim pencernaan yang di keluarkan didalam lapisan mukosa lambung serta fungsinya adalah melakukan metabolisme terhadap minuman yang beralkohol, misalnya saja seperti minuman anggur atau juga minuman keras. Menurut salah seorang ahli Dr Harvey E Finkel yang berasal dari 'Boston University Medical Center', perut seorang wanita mempunyai sekitar 60% alkohol dehydrogenase jika dibandingkan dengan perut laki-laki, dan sangat berkontribusi terhadap toleransi alkohol. Alkohol dehidrogenase ini bekerja dengan mengoksidasi etanol serta mengubahnya menjadi zat yang bisa di metabolisme-kan dan juga di cerna oleh tubuh.

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakah salah satu penyakit yang sangt ditakuti oleh kaum hawa. Kanker payudara banyak diderita oleh para wanita dewasa di negara - negara yang tergolong negara maju seperti Amerika, Inggris dan lainnya. Beberapa faktor sering disebut sebagai penyebab dari kanker payudara ialah resiko genetik seseorang ataupun keturunan serta gaya hidup yang seseorang telah mempengaruhi berkembangnya kanker payudara, aborsi, riwayat reproduksi, merokok di usia muda, terapi pengganti hormon, obesitas, penggunaan alkohol dan juga aktivitas kardiovaskular.


Hubungan Antara Alkohol dan Kanker Payudara

Jika seorang wanita mengkonsumsi alkohol baik sedikit maupun banyak tetap saja menjadi salah satu penyebab peningkatan terjadinya resiko kanker payudara bagi wanita, dan bahkan resiko tersebut berbanding lurus bersamaan dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi masuk kedalam tubuh. Semakin sering wanita mengkonsumsi alkohol, maka peluang terkena penyakit kanker payudara semakin besar.

Demikianlah sedikit informasi mengenai alkohol dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita. Semoga bermanfaat